Total Tayangan Halaman

26 Oktober 2010

SONIC COLORS






Format: Wii, NDS
Developer: Sonic Team (Wii & DS) Dimps (DS)
Publisher: Sega
Release date: November 2010
Genre: Platformer
Rating: E

BAGAIMANA AWALNYA?
Banyak situs atau majalah game, termasuk juga para pengamat dan fans yang melemparkan kritikan tajam untuk Sonic Team mengenai perubahan gameplay Sonic yang baru pada seri sebelumnya, tidak menggunakan gameplay klasiknya yang membuat franchise Sonic menjadi terkenal. Untuk seri ini Sonic kali, mereka akan berusaha keras untuk menerjemahkan keinginan para fans. 

Naskah game ini akan ditulis oleh Ken Pontac & Warren Graff, yang pernah menulis naskah game MadWorld dan Happy Tree Friends. Sonic Colors juga rencananya akan dibuat versi komiknya khusus untuk wilayah Jepang.
  
CERITA
Rasanya agak aneh melihat musuh bebuyutan Sonic, Dr Eggman bertobat dan menyesali semua perbuatannya dulu. Namun itulah yang terjadi. Ia membangun sebuah taman bermain yang bertemakan luar angkasa. Sayangnya, Dr Eggman sama sekali tidak benar-benar membangun taman hiburan untuk untuk menebus kesalahannya. Ia mempunyai misi lain, yakni untuk menangkap mahkluk yang berasal dari luar angkasa yang disebut Wisps. Dr Eggman ingin memafaatkan kekuatan warna mereka yang aneh dan luar biasa. Taman ini didesain sedemikian rupa dengan tujuan membuat para Wisps serasa berada di rumahnya. Tapi rupanya salah satu dari Wisp bernama Yacker memberi tahu Sonic dan Tails tentang rencana jahat Dr Eggman. Dalam perjalanan mereka menuju taman hiburan itu, Yacker memberitahukan bahwa teman-teman mereka sedang ditahan disana dan meminta Sonic untuk membantu membebaskan mereka.




Sebagai imbalan ketersediaan Sonic membantu, alien-alien imut dan lucu ini akan meminjamkan kekuatan mereka untuk membuat si landak biru ini tidak saja cepat, tapi juga memiliki kekuatan sesuai dengan warna dari para Wisps. Dengan kekuataan baru yang dimiliki Sonic, mampukah ia menyelamatkan para Wisps dan sekali lagi menciptakan kehidupan yang damai?

GAMEPLAY
Seperti gameplay Sonic yang sudah-sudah, Sonic Colors masih tetap mengandalkan kecepatan si landak biru, menghindari rintangan, menghajar musuh dan menyelamatkan para Wisps yang ditahan si gila Dr Eggman. Versi Wii dari Sonic Colors merupakan campuran antara 2D dan 3D dalam mode perspektif, mirip dengan game Sonic Unleashed. Artinya, ada beberapa area dimana mode permainan akan berubah ke 2D Sementara gameplay versi DS lebih mirip dengan Sonic Rush.



Petualangan Sonic kali ini tidak lagi dibumi, melainkan di luar angkasa. Berkat kekuatan dari para Wisps, kini Sonic bisa melakukan berbagai macam keahlian. Seperti misalnya Cyan Laser. Dengan kekuatan ini, Sonic akan mampu menembakkan laser yang bisa memantul dan bisa berjalan serta berlari dengan mudah di kabel-kabel listrik. Lain lagi dengan Yellow Drill dimana Sonic akan dengan mudah keluar masuk tanah dan air  untuk mengambil item-item penting atau menjelajahi area baru yang hanya bisa diakses menggunakan kekuatan dari para Wisps. Jika kamu ingin mempercepat kekuatan wisp keluar dari tubuh Sonic, cukup lakukan lari ditempat dan meteran dari kekuatan itu akan segera berkurang.

Jangan lupa, kamu tidak serta merta langsung dapat begitu permainan dimulai. Kamu harus mencarinya terlebih dahulu dan lokasinya tersebar di berbagai tempat. Selain itu, kekuatan dari para Wisps terbatas untuk kamu gunakan. Makanya, kamu harus hati-hati jika berada terlalu lama di bawah tanah atau dalam air ketika kamu menggunakan kemampuan Yellow Drill.

Diantara kekuatan para Wisp yang dapat kamu gunakan, hanya beberapa yang akan merubah penampilan Sonic. Bisa dibilang sebagai kostum kekuatan. Misalnya jika kamu menyerap kekuatan Pink Spike, maka Sonic akan berubah bentuk menjadi makhluk pink bulat dengan duri-duri tajam. Atau Orange Rocket, yang akan merubah bentuk si landak biru ini menjadi rocket orange kecil.  

GRAFIS
Grafis untuk Sonic Colors sangat mengesankan. Lingkungan masih ditampilkan dengan detail yang baik, dunia yang penuh warna-warni dengan berbagai macam elemen-elemen tambahan semakin mempercantik grafisnya. Sudut kamera yang tidak membingungkan ketika berlari dengan kecepatan tinggi. Yang paling mengesankan adalah kamu bisa melihat Bumi ketika sedang bermain karena dijadikan background tetap. Dimanapun areanya, Bumi akan terus terlihat.

Taman hiburan yang dibangun Dr Eggman terdiri dari enam wilayah. Setiap wilayah mewakili keunikan masing-masing. Dan seperti biasa, setiap area memiliki sub area. Ada Sweet Mountain, wilayah yang dibangun dari makanan-makanan ringan, seperti donat, cokelat dan cake. Selain itu,  kamu akan menemui dan melihat sebuah hamburger besar. Lain lagi Planet Wisp, yang berada di kawasan padat industri.   

SONIC SIMULATOR
Ini bukan nama alat atau mesin untuk merasakan bagaimana menjadi Sonic ya, tapi sebuah fitur yang hadir pada versi Wii, dimana kamu akan menghadapi tantangan-tantangan yang ada tanpa adanya cerita. Kamu bisa bermain sendiri atau dengan teman-temanmu via Mii.

THE COLOR POWERS AND THE WIPS
Siapa para Wisps ini? Mereka adalah makhluk-mahkluk dari luar angkasa yang mempunyai kekuatan aneh dan luar biasa. Setiap warna dari masing-masing tubuh kecil dan imut mereka mewakili kekuatan apa yang mereka miliki. Sonic pun kebagian dari kekuatan mereka dan berikut penjelasan dari masing-masing kekuatan warna mereka:
Para Wisps membagi kekuatan mereka untuk Wii dan DS. Di Wii, mereka akan menyediakan kekuatan Pink Spike, Green Hover, Blue Cube dan Purple Berserker. Sementara untuk versi DS, hanya ada dua kekuatan yang mereka berikan, yakni Red Burst dan Violet Ghost.

White Boost: Kekuatan ini akan membuat Sonic semakin cepat dari sebelumnya.
Cyan Laser: Sonic akan mampu menembakkan laser yang bisa memantul dan bisa berjalan serta berlari dengan mudah di kabel-kabel listrik.
Yellow Drill: Dengan menyedot kekuatan ini, Sonic akan mudah keluar masuk tanah dan air.
Orange Rocket: Menyerap kekuatan ini akan membuat Sonic terbang.  
Pink Spike: Kekuatan ini akan memudahkan Sonic untuk menempel di dinding dan juga menghancurkan beton-beton yang menghalangi.
Purple Berserker: Jika Sonic menyerap kekuatan ini, ia akan menghancurkan benda apa saja yang dilewatinya.
Blue Cube: Serap kekuatan ini, maka musuh-musuh yang kamu dekati akan hancur seketika dan juga akan memudahkan kamu untuk berpindah-pindah.
Green Hover: Ketika kamu menyerap kekuatan ini, Sonic akan melayang sebentar, lalu setelah kamu membidik tembok, maka Sonic melakukan gerakan zig zag di udara. Ini jika kamu malas meladenin musuh di area yang agak sempit atau kamu ingin menghabisi musuh sekaligus. Jika permainan masuk dalam mode 2D, fungsinya sebagai sebuah teleport untuk menuju area didepannya. Kekuatan ini juga akan membuat Sonic bisa melakukan lompatan yang sangat tinggi.



Untuk versi DS, hanya ada dua Wisp yang bisa kamu serap kekuatannya. Pertama, Red Burst dan Violet Ghost. Red Burst akan membuat Sonic berubah menjadi bola api yang mampu menghancurkan benda apa saja. Sementara kekuatan Violet Ghost mirip dengan Pink Spike

Dengan gameplay yang sangat menarik dan grafis yang warna-warni, rasanya Sonic Colors akan menjadi game terbaik Sonic untuk tahun ini. Kita tunggu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar