Total Tayangan Halaman

21 November 2010

DRIVER SAN FRANCISCO


Format: Mac OS X, PC, OnLive, PS3, Xbox 360, Wii
Developer: Ubisoft Reflections
Publisher: Ubisoft
Release: Q4 2010 (Wii)/Q1 2011 (PS3, PC, Xbox 360, Mac OS X)
Genre: Action driving
Rating: T

Sebelum kita membicarakan driver lebih jauh, ada hal yang perlu kamu simak mengenai bagaimana sejarah game ini awalnya. Driver bisa dibilang pionir sebuah game racing dengan menggunakan engine 3D, yang kemudian diikuti oleh game racing lain macam NFS, Ridge Racer, dan Test Drive. Martin Edmondson, sang creative director banyak menyumbangkan ide-ide untuk Driver hingga bisa meraih kesuksesan. Sempat mundur beberapa tahun dari pekerjaannya dikarenakan merasa jenuh dan adanya rumor mengenai hubungan yang tidak sejalan dengan para petinggi Ubisoft. Tapi sekarang ia telah kembali dan siap menuangkan ide-ide kreatifnya untuk Driver San Francisco. Bagaimana sejauh ini implementasi dari tangan dingin Edmondson untuk seri Driver terbaru ini?

STORYLINE KLASIK
Kisah polisi atau detektif yang mengejar penjahat tentu bukan barang baru, entah dalam film, novel, dan game. Perbedaannya mungkin bisa dilihat dari sudut pandang tertentu dan bagaimana mereka memberikan sentuhan hingga menjadi suatu hal yang menarik.



Cerita dari Driver: San Francisco terjadi beberapa bulan setelah even di Driver 3, ketika John Tanner dan Charles Jericho selamat dari serangan di Istanbul, Turki. Tapi, menurut pengakuan Tanner, ternyata Jericho adalah seorang tawanan yang kabur dari truk polisi yang dibajak. Akibat serangan dari Jericho, Tanner pun mengalami koma. Game akan mengambil sudut pandang dari mimpi-mimpi Tanner ketika sedang koma. Untuk versi Wii, jalan ceritanya akan berbeda,yakni berkisar masa-masa awal kehidupan Tanner sebagai seorang perwira polisi yang berhenti dari kepolisian karena ingin membalas dendam atas kematian ayahnya. Selain membalas dendam, Tanner juga ingin melacak jaringan criminal musuh bebuyutannya itu.


GAMEPLAY LAMA DENGAN SENTUHAN BARU
Di awal permainan, kamu akan di beri tahu kalau Tanner saat ini sedang mengalami koma dan permainan yang berlangsung berdasarkan perspektif dari komanya. Gampangnya, semua kejadian yang berlangsung terjadi di dalam kepala Tanner. Ia benar-benar tidak ikut secara langsung akibat koma yang dialaminya.


Driver San Francisco masih menawarkan gameplay open-world  dimana kamu bebas menjelajahi setiap sudut kota. Tapi bedanya sekarang, kamu tidak bisa lagi melihat Tanner yang keluar masuk mobil seenaknya. Edmondson selaku creative director memberitahukan cara unik untuk melakukan hal itu. Kamu tidak harus keluar dari mobil untuk menggunakan atau berpindah dari satu mobil ke mobil lain. Edmondson menyebut cara ini dengan “Shift”, semacam fitur yang bisa membuat kamu berpindah hanya dengan memilih mobilnya. Sederhananya, ketika kamu sedang berada di sebuah mobil dan ingin berpindah ke mobil yang ada di depanmu, kamu tinggal menandai mobil polisi itu dan menekan tombol X, maka seketika kamu akan berpindah. Ketika kamu berpindah lagi, A.I. akan kembali mengontrol mobil itu. Salah satu inspirasi dari fitur shift datang dari Google Earth.
 
Fitur “Shift” terbatas kamu gunakan. Artinya, setiap kali kamu menggunakannya maka barometernya akan berkurang. Untuk mengisi ulang, kamu bisa melakukan aksi-aksi stuntman. Misalnya kebut-kebutan dijalan atau membuat mobilmu meloncat atau mengejar penjahat. Ketika ada adegan mobil polisi yang sedang mengejar mobil penjahat dan kamu berpindah ke mobil polisi itu, maka otomatis kamu akan terlibat dalam misi yang sebelumnya di control A.I. dan pastinya akan memberikan reward jika kamu berhasil menyelesaikan misinya.

Mungkin kamu kesulitan mengejar penjahat tersebut dikarenakan mobil yang di kendarai cukup cepat dan juga ia cukup jago dalam menyetir. Kamu bisa memanfaatkan truk-truk yang kebetulan lewat untuk membantu melancarkan misi. Meskipun misi akan gagal jika berpindah mobil, tapi misinya akan tetap berjalan ketika kamu kembali ke mobil polisi. Truk itu berfungsi untuk memblokir dan menghentikan laju mobil yang sedang kamu kejar.

GRAFIS
San Francisco bisa dibilang seri Driver yang melakukan debutnya untuk konsol next-gen setelah seri terakhir, yakni Driv3r yang rilis di PS2 beberapa tahun silam. Dan karena merupakan debutan, pastinya akan peningkatan grafis yang jauh lebih baik dibandingkan edisi PS2nya. Ini terlihat dari lingkungan, mobil dan orang-orang yang  detail sekali dan khusus untuk lingkungannya benar-benar sangat luas. Asal tahu saja, jangkauan jalan dan area yang bisa kamu jelajahi menjadi yang terbesar dalam genre racing dengan luas lebih dari 208 mil atau sekitar 335 kilometer. Hebat, bukan? Pastinya kamu akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk menjelajahi semuanya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar