Total Tayangan Halaman

21 November 2010

TEST DRIVE UNLIMITED 2


Format: PS3, Xbox 360, PC
Developer: Eden Games
Publisher: Atari
Release: Q1 2011
Genre: Driving


Seri pertamanya banyak menawarkan keindahan-keindahan yang tidak semua bisa kamu wujudkan di dunia nyata. Misalnya, berkencan dengan banyak wanita cantik, punya rumah kayak istana, mobil-mobil mewah berderet-deret bak pohon. Gameplay yang ambisius ini rasanya perlu dipertahankan dan dikembangkan biar jauh lebih baik dari sebelumnya.

STORYLINE
Ceritanya sendiri akan berkembang seiring meningkatnya pengalaman kamu bermain. Dengan kata lain, Eden Games tidak menampilkan storyline layaknya game-game petualangan atau RPG. Namanya juga game dengan genre racing.



GAMEPLAY
Kamu harus mengumpulkan poin untuk meningkatkan level kamu. Dari info yang kita dapat level tertinggi mencapai 60. Ada empat cara untuk mendapatkan poin: Kompetisi, dimana kamu balapan dengan mobil lain untuk menjadi yang tercepat atau menyelesaikan tantangan yang ada. Lalu Sosialisasi, dimana interaksi kamu dengan orang-orang akan menentukan untuk meningkatkan level kamu. Mencari teman bisa dengan cara melawan mereka atau bergabung ke klub mobil. Menjelajahi jalan-jalan yang ada juga bisa meningkatkan level poin kamu, lalu mengambil gambar beberapa lokasi tertntu atau menemukan mobil-mobil baru atau bekas. Cara terakhir yakni menjadi Kolektor, tidak hanya membeli mobil, tapi membeli rumah, pakaian, barang-barang furniture atau elektronik juga bisa menambah poin kamu.
 
Kalau kamu ingin mendapatkan mendaptkan uang ekstra, kamu bisa melakukan hal-hal ekstrem dengan mobil kamu. Misalnya menerobos lampu merah, mengatur mobilmu seolah akan tabrakan dengan mobil lain tapi di detik-detik terakhir kamu melakukan manuver berbahaya untuk menggagalkan aksi kamu sendiri. Atau bisa juga ketika kamu bisa membuat mobilmu berputar atau terbalik saat melayang.

Lokasi yang menjadi tempat kamu merajut impian virtual adalah dua buah pulau bernama Ibiza dan Oahu (lokasi yang di game pertama). Kedua pulau ini tidak perlu kamu ragukan tingkat akurasinya karena data-datanya dikumpulkan langsung dari satelit, seperti jalanan aspal atau off road, tingkatan suhu yang ada hingga ruas jalan yang bisa kamu jelajahi berkisar hampir 3000 kilometer. Setiap pulau memiliki tantangan baru dan kelompok baru. Untuk Oahu telah dimodifikasi jalan-jalan yang ada dengan grafik yang lebih baik dan beberapa lokasi yang diperbarui untuk menarik minat kamu untuk setidaknya memperhatikan perbedaannya atau mengikuti tantangan baru yang ada disana. Siklusnya sendiri akan berlangsun no-stop 24 jam dengan perubahan cuaca yang sangat halus ketika misalnya terjadi pergantian siang dan malam.


Bosan dengan salah satu pulau? Silakan pergi menuju bandara untuk melakukan penerbangan ke pulau lainnya. Pastinya tidak cukup mudah karena minimal level kamu harus minimal 10 dari total 60 level yang bisa kamu raih.

KENDARAAN
Ada banyak kendaraan nantinya yang bisa kamu pilih, termasuk mobil-mobil dari game pertamanya. Tipe mobil terbaru salah satunya adalah SUV, jenis mobil khusus untuk balapan off road. Tidak semua mobil bisa kamu dapatkan secara pribadi. Artinya ada beberapa mobil tertentu yang hanya bisa didapatkan ketika level klub dimana kamu menjadi anggota memiliki ranking cukup tinggi. Beberapa mobil eksklusif ini seperti McLaren MP4-12C, Gumpert Apollo, Aston Martin One-77 dan James Bond Aston Martin DBS. Mobil-mobil ini tidak hanya kamu saja yang bisa mengendarainya, melainkan semua orang yang merupakan anggota klub tempat kamu bernaung.



Salah satu kekurangan yang mungkin agak kurang enak adalah faktor tidak berpengaruhnya cuaca ketika balapan berlangsung. Mau hujan seperti apapun tidak akan membuat mobilmu kenapa-kenapa, seperti sulit dikendalikan karena jalanan yang licin atau mobil kamu yang tetap mengkilap meski terkena debu atau lumpur. Meski begitu, pihak pengembang cukup banyak menghabiskan waktu untuk mengembangkan engine yang menjamin setiap mobil memiliki perilaku masing-masing. Sedikit rada telat kita rasa karena Driver San Francisco sudah lebih dahulu mengimplementasikannya. Beberapa rincian baru juga ditambahkan, seperti model lampu, sinyal yang berubah-ubah, atap mobil yang sekarang bisa kamu buka tutup dan vinyl-editor yang katanya mirip dengan game Forza Motorsport.
 
MULTIPLAYER
Selama tidak ada balapan resmi, atau free roaming, temanmu bisa bergabung hingga 8 orang pada waktu yang sama. Jika di toko-toko atau klub, teman yang bisa bergabung mencapai 32 orang sekaligus. Kamu bisa melihat mereka semua dengan berbagai aktivitas. Salah satu aspek peningkatan terbaru juga adalah kamu bisa berjalan-jalan di lobi balapan, ketika menunggu giliran. Sementara menunggu, kamu bisa memeriksa kendaraanmu apakah sudah siap semuanya atau masih ada yang kurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar