Total Tayangan Halaman

22 Desember 2010

BRINK


Format: PS3, PC, Xbox 360
Developer: Splash Damage
Publisher: Bethesda Softworks
Release: Spring 2011
Genre: FPS
Rating: T


Salah satu game yang cukup kuat untuk bersaing ditengah banjirnya game FPS di tahun 2011. Brink mengimplementasikan seni melompat Parkour dalam setiap aksi yang kamu lakukan. Menarik, bukan? Mari kita masuk lebih jauh lagi.

Storyline
Suka atau tidak, konflik selalu menjadi daya tarik untuk munculnya perang. Konfliknya bisa apa saja, dari hal yang sepele hingga yang rumit. Ketika jalan damai menemui kebuntuan, pertumpahan darah menjadi solusi bagi mereka yang menghendakinya.

The Ark, sebuah kota terapung di tengah laut, dengan segala kecanggihannya merupakan rumah bagi mereka yang menjalani profesi sebagai ilmuwan dan para pemikir, dimana mereka harus memastikan the Ark sebagai suatu tempat yang menarik. Sementara bagi mereka yang berkantong tebal, the Ark merupakan surga untuk rekreasi dan menghabiskan waktu.




Terjadinya krisis lingkungan yang bersifat global menyebabkan banyak dari manusia yang tinggal di daratan memutuskan melarikan ke the Ark, sebagai satu-satunya tempat tinggal yang menjanjikan harapan akan kehidupan yang lebih baik dan tenteram, aman serta sejahtera. Akibatnya, persediaan sumber daya di the Ark menjadi menipis karena terisolasinya kota terapung itu dari dunia luar dan banyaknya orang, selain penduduk asli, yang mengungsi ke sana. Ini menimbulkan pertentangan diantara mereka hingga lahirlah dua kelompok yang disebut Security dan Resistance.

Security merupakan kelompok yang terdiri dari para penduduk asli yang bertekad untuk melindungi the Ark dari kudeta kelompok Resistance, yang merupakan kelompok dari para pendatang. Masing-masing pihak merasa diri mengakui kelompoknya yang paling berkepentingan untuk the Ark. Nah, pihak manakah yang akan kamu bela?


Gameplay
Kamu diberikan kebebasan untuk memilih apakah masuk dalam kelompok Security atau Resistance. Ini tentu menjadi sesuatu yang baru dari sebuah game fps dimana biasanya kita selalu berperan menjadi pihak yang memburu, ataukah ini hal yang sudah umum? Gameplay dalam game ini menyajikan pertempurang yang menarik, apalagi dengan di implementasikannya seni melompat Parkour. Sedikit disayangkan adalah perspektifnya yang memakai sudut pandang orang pertama. Aksi-aksi parkour kurang bisa dinikmatin, khususnya dari karakter yang kamu kendalikan. Tapi kita patut berharap ada semacam mode pilihan untuk memilih ingin first view atau third view.

Dalam Brink, kerjasama tim adalah hal yang paling penting. Kamu harus memerhatikan sekeliling untuk melihat bagaimana keadaan rekan-rekan kamu. Jangan sampai karena keasyikan menembak sana-sani kamu melupakan mereka, karena mereka juga mempunyai peran dan fungsinya masing-masing. Seperti misalnya jika kamu adalah seorang Soldier, maka mereka yang berfungsi sebagai Engineer akan sibuk untuk menciptakan jebakan-jebakan yang tujuannya salah satunya adalah memutus rute musuh. Baik Security maupun Resistance akan akan terdiri dari empat kelompok, dimana setiap kelompok tidak bisa mencoba mengambil peran kelompok lainnya. Mereka adalah Paramedis, Operative, Engineer dan Soldier.


Setiap tujuan, komunikasi dan misi yang dihasilkan didasarkan pada peran, kondisi, lokasi, dan partner kamu, seperti yang kita bilang di atas (dimana kerjasam tim merupakan elemen penting) serta status rata-rata kamu ketika menghadapi musuh. Kamu akan selalu tahu kemana harus melangkah dan apa yang harus dilakukan.

Dalam satu misi, dimana kamu akan mudah untuk melihatnya, selalu didasarkan pada data-data nyata, seperti misalnya kondisi medan, kelas atau kelompok, dan rekan setim serta status pertempuran yang terjadi. Tujuannya tidak lain sebagai persiapan kamu untuk menghadapi apa yang akan terjadi nantinya dan bagaimana kamu mempersiapkannya dengan baik.

Salah satu fitur terbaru yang mungkin menjadi pembeda Brink dengan game fps lainnya adalah fitur SMART atau Smooth Movement Across Random Terrain. Sistim ini akan mengevaluasi setiap gerakan yang dilakukan. Seperti misalnya melompat, meluncur, atau memanjat. SMART akan membantu melakukan gerakan-gerakan itu dengan cara-cara yang paling keren.

Fitur kostumisasi dalam sebuah game fps? Well, ini mungkin bisa menjadi sesuatu yang baru bagi kamu. Seperti yang dicontohkan oleh Paul Wedgwood selaku game direktornya dalam sebuah video tutorial singkat. Kamu benar-benar dibebaskan untuk mendesain karakter seperti yang kamu inginkan. Tidak terbatas pada bentuk wajah, tapi juga bentuk tato yang sesuai dengan karakter yang kamu ciptakan. Kalau kamu sempat mampir ke situs resminya, maka kamu akan melihat ratusan model hasil dari kostumisasinya yang mungkin bisa kamu tiru.



Grafis
Kamu tidak perlu khawatir mengenai grafis Brink. Kerja keras tim grafisnya sudah sangat baik dalam menciptakan lingkungan yang detail, halus, plus pergerakan karakter yang dinamis, baik itu ketika adegan baku tembak, ledakan-ledakan dasyat maupun  adegan ketika mereka berlari, melompat dan memanjat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar