Total Tayangan Halaman

22 Desember 2010

DUNGEONS


Format: PC
Developer: Realmforge Studios
Publisher: Kalypso Media
Release: Februari 2011
Genre: Strategy


Game ini jalan ceritanya masih kabur. Beberapa game juga sepertinya enggan untuk membocorkan kisahnya. Bahkan situs resmi yang seharusnya bisa memberikan banyak informasi malah terkadang hanya menyediakan satu video gameplay berdurasi pendek. Mungkin mereka lebih fokus ke gameplay karena biasanya game yang bertipe strategi jarang mempunyai cerita yang berat. Bagi mereka, cerita hanya sebatas bumbu.



Dari judulnya, petualangan kamu akan banyak di lokasi-lokasi yang gelap, penuh dengan labirin-labirin yang jika tidak hati-hati bakalan tersesat, ciri khas yang biasa kamu temui dalam sebuah RPG klasik. Untungnya game ini memakain god view atau pandangan dari atas hingga kamu bisa melihat keadaan sekitar.

Gameplay
Seperti tipikal game strategi, awalnya kamu hanya diberikan sedikit persediaan bahan-bahan. Salah satu keunikan dari game strategi ini adalah kamu harus sekreatif mungkin untuk mendapatkan sumber persediaan dengan menambang apa pun yang ada di dalam dungeon. Kamu tidak akan menemukan pohon-pohon atau bentuk kehidupan lainnya. Menambang batu mungkin akan menjadi pekerjaan sehari-hari. Tapi tentu saja, kamu tidak akan semudah itu karena para skeleton siap untuk mengacaukan rencana kamu. Untuk itu, perhatikan juga bagian kemiliteran karena battle yang terjadi akan berlangsung secara otomatis dan kamu tidak bisa mengontrol mereka, khususnya pada satu tindakan spesifik. Namun, hasil dari battle dipengaruhi oleh atribut individu dan tingkat wibawa dari dungeon kamu. Tingkat wibaya ini dipengaruhi seberapa baiknya kamu mengatur dan mendekorasi dungeon untuk membuatnya sebagai tempat yang nyaman.




Terkadang akan ada beberapa orang yang mempunyai kedudukan tinggi menyelinap ke dungeon kamu, tentunya jika dungeon kamu sudah menjadi dungeon yang bagus.  Kamu akan melihat ikon-ikon yang berbeda di atas kepala sang heronya. Ikon pedang berarti dia ingin berperang, sementara ikon peti harta berarti dia ingin mencuri beberapa tumpukan emas. Ketika kamu melihatnya mengumpulkan emas, hati-hati untuk tidak membuatnya jenuh karena ini akan menciptakan masalah baru. Caranya adalah tetap membuatnya sibuk dengan mungkin salah satunya menciptakan monster, jika ia ingin bertarung. Jika memang tidak bisa dihindari kebosanan sang hero, ia akan menjelajahi dungeon hingga ke ujungnya. Game akan berakhir jika ujung dungeon runtuh. Kamu bisa mencegahnya dengan melakukan serangan terhadap mereka. Tapi alahkah baiknya jika kamu mengawasi mereka dengan memerintahkan hero yang mempunyai level tinggi untuk melakukannya. Minimal level yang bisa dicapai adalah 20.

Soul energy bisa kamu dapatkan dengan membunuh sang hero. Soul energy ini cukup penting sebagai sumber pemasukan selain emas. Namun, tidak setiap tubuh yang kamu bunuh akan mengeluarkan soul energi, kecuali kamu membangun satu penjara khusus. Penjara ini bisa membantu kamu mendapatkan soul energy dari jiwa yang kamu paksa pergi dari tubuhnya. Tugas ini biasanya diemban oleh goblin hijau. Dia cukup cakap untuk urusan yang satu ini.
 
Pertempuran antar dungeon bisa saja terjadi. Dan setiap dungeon pastinya mempunyai kekuatan dan kelemahan masing-masing. Tugas kamu untuk mencari tahu untuk mengantisipasi jika mereka menyerang kamu lebih dahulu. Untuk misinya sendiri, Ada lebih dari 20 misi campaign dengan tiga variasi lingkungan, dari reruntuhan Maya hingga neraka. Sepertinya perjuangan kamu untuk dungeon master tidak akan mudah.



Grafis
Game strategi mementingkan unsur gameplay dalam setiap pengembangannya, jadi grafis biasanya tidak menjadi prioritas. Tapi, Dungeons sudah berusahan untuk menampilkan grafis yang tidak ketinggalan jaman, entah itu detail-detail lingkungan dan suasana dalam gua yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar