Total Tayangan Halaman

26 Oktober 2010

MAJIN AND THE FORSAKEN KINGDOM



Format: PS3, Xbox 360
Developer: Game Republic
Publisher: Namco Bandai
Release: November 2010[1]
Genre: Action-adventure, Puzzle
Rating: E

Aku, Majin, akan bertarung untuk manusia dan menyelamatkan kehidupan yang telah hilang dalam diri mereka dan membebaskan mereka dari cengkeraman kegelapan. 

Setiap game memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda untuk membuat kita menjadi tertarik memainkannya, baik dari segi cerita maupun gameplaynya. Lalu karakteristik dan keunikan apa yang ditawarkan Majin and The Forsaken Kingdom?



Storyline
Kisahnya sendiri terjadi disebuah kerajaan makmur dan sejahtera. Kerajaan ini dilindungi oleh seekor makhluk legenda bernama Majin. Entah bagaimana kekuatan jahat tiba-tiba datang dan berhasil mengalahkan Majin lalu mengurung makhluk itu. Tanpa sang pelindung, kerajaan dengan mudah dikuasai. Mereka membuat kerajaan tidak bisa dimasuki siapa pun. Mereka yang selamat melarikan diri ke perbatasan dan daerah gurun untuk membangun kehidupan baru. Beberapa orang mencoba untuk memasuki istana, namun mereka semua tidak pernah ada yang kembali. Tapi seperti semua kisah-kisah heroik, selalu ada cahaya harapan dalam gelapnya keputus asaan. Sudah 100 tahun berlalu, harapan akan bangkitnya kekuatan putih muncul dalam diri seorang bocah pencuri bernama Tepeu yang dengan lihainya berhasil menciptakan sebuah cara untuk bisa masuk kedalam istana. Ini karena Tepeu sedang berada didalam istana ketika kutukan itu terjadi dan menyebabkan ia tertidur selama 100 tahun.  Ia bocah yang istimewa, karena mengerti bahasa binatang, meski terkadang tindakannya lebih banyak menyusahkan.



Gameplay
Dunia yang dihadirkan bersifat open-world, dimana kamu bebas menjelajahi dunia Majin and The Forsaken Kingdom. Kamu tidak harus melalui satu level tertentu untuk bisa ke level berikutnya. Intinya kamu bebas mau memulai dari mana.

Tapeu akan menggunakan senjata yang sebenarnya segel dalam bentuk kunci. Majin akan banyak membantu kamu, monster yang sebelumnya menjadi tahanan dari para makhluk kegelapan yang berhasil kamu lepaskan. Dia akan melakukan tugas-tugas yang pastinya tidak bisa dilakukan manusia. Seperti membuka gerbang raksasa, atau melemparkan batu besar ke para musuh. Dan bisa juga memerintahkannya untuk menghabisi para musuh jika kamu malas meladeni mereka. Tentunya kamu yang akan mengontrol tindakan apa yang akan Majin lakukan. Jika kamu ingin melenyapkan para monster, kamu bisa memerintahkan Majin untuk mengeluarkan sihirnya.



Uniknya, game ini sedikit mengambil beberapa element dari game lain. Misalnya aksi kill silent yang sudah menjadi trademark dari seri Prince of Persia. Kita menyebuntya dengan kill cinematic. Kamu juga bisa membidik target tertentu untuk melempar sesuatu dari tangan Tepeu. Mirip dengan game-game shooter. Bedanya, kamu tidak bisa membidik musuk untuk melakukan serangan. Hanya terbatas pada benda-benda yang bisa kamu diledakkan. Aksi ini bisa juga kamu gunakan untuk menarik perhatian para musuh. Misalnya, jika di area tersebut ada ranjau dan lonceng, kamu bisa membidik lonceng untuk membuat musuh menduga ada seseorang disana. Ketika mereka berkumpul, kamu bisa membidik ranjau untuk melenyapkan mereka semua. Selain itu, jika kamu ingin melakukan serangan kombo, pastikan musuhnya tidak berdaya atau dalam keadaan posisi tubuhnya terbaring. Dekati mereka dan tekan O atau B (X360) berulang-ulang dan serangan terakhir Majin akan ikut membantu. Tugas ini biasa dilakukan oleh Majin, tapi mungkin saja kamu juga bisa melakukannya sendiri.

Ada saat-saat tertentu ketika kamu cukup kewalahan menghadapi musuh-musuh yang tidak saja gesit, tapi juga kuat. Bukan saja kamu, Majin pun juga akan cukup sibuk meladeni, apalagi jika jumlahnya lebih dari satu. Mengeluarkan sihir adalah cara yang paling bagus yang kamu lakukan. Versi Xbox 360, dari demo yang kita dapat, senjata yang digunakan Tepeu bukan kunci segel, melainkan skop! Ini tentunya menjadi tanda tanya bagi kita, apakah ada perbedaan antara Xbox 360 dan PS3?


Yang sedikit mangganggu dari gameplaynya adalah adanya tombol-tombol yang berada disebelah kiri, yang menjelaskan fungsi dari tombol tersebut, terutama dalam versi Xbox 360. Tapi mungkin ini hanya sementara di awal game, karena jika tidak, akan sangat mengganggu permainan.

   

Grafis
Semua orang pasti sepakat bahwa game-game yang dirilis untuk konsol next-gen memiliki kualias grafik yang tidak perlu diragukan lagi. Begitu pula dengan Majin and The Forsaken Kingdom. Grafis yang ditampilkan halus, tajam, dan detail lingkungan yang realistis. Penggambaran puing-puing kerajaan  yang hancur akibat kegelapan menjadi perhatian serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar