Total Tayangan Halaman

21 November 2010

HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS PART I



Format: PC, NDS, PS3, Xbox 360, Mobile, Wii
Developer: EA Bright Light Studio
Publisher: Electronic Arts
Release date: November 2010
Genre: Third-person action-adventure
Rating: T


Di seri ketujuh dari kisah Harry Potter akan banyak kejutan yang menyenangkan dan pastinya seru, utamanya bagi kamu yang belum pernah sekalipun membaca novelnya, hanya mengikuti cerita dari filmnya. Dan tentu saja kejutan itu akan menjadi biasa bagi yang membaca novelnya dan mengikuti juga filmnya.


Kalau dipikir-pikir lagi, apa maksud dari Warner Bros memecah film ini menjadi dua bagian? Apakah untuk meningkatkan keuntungan? Atau karena ini akhir dari kisah Harry Potter jadi ingin dibuat special? Atau karena kerumitan ceritanya? Semoga saja yang terakhir.

Oke guys, kita kembali ke topik awal. Sebelumnya kita minta maaf karena tidak akan membahas filmnya disini karena GamerMania adalah majalah full game. Yang akan kita bahas adalah gamenya, jadi bagi kamu yang ingin tahu filmnya bisa membeli majalah khusus film. Ini hal yang persis dilakukan juga oleh majalah film yang hanya membahas filmnya, meski ada gamenya. Tapi tentu saja ceritanya kita akan bahas sebagai pendukung. Dan kita minta maaf sebelumnya karena membahas game yang rilis November ini. Ini tidak lebih demi kepentingan game ini karena bagian keduanya akan rili Juli tahun depan. Rasanya agak aneh kalau kita membahas bagian keduanya tapi tidak membahas bagian pertamanya.


 

Harry Potter akhirnya menyadari takdirnya yang harus menghadapi musuh bebuyutannya sejak masih bayi, Voldemort, yang juga pembunuh kedua orang tuanya. Untuk menyiapkan perjalanannya, ia harus menyingkirkan perasaannya terhadap Ginny, kekasihnya. Karena bagaimanapun ini adalah takdirnya dan ia harus memenuhinya dan juga meneruskan apa yang sudah dilakukan Albus Dumbledor, mantan kepala sekolah sihir Hogwarts yang dibunuh oleh salah satu staffnya, Professor Snape.

Tentu saja dua sahabatnya Ron dan Hermione tidak membiarkan ia melakukan hal ini sendiri. Seperti kata Hermione, “Kau tidak mungkin bisa melakukan semuanya sendiri, Harry. Kau pasti akan butuh bantuan kami.” Harry sebenarnya enggan menyetujui karena tidak ingin menempatkan mereka dalam bahaya.

Pada akhirnya mereka tidak pernah kembali ke sekolah. Mereka pergi ke wilayah-wilayah yang  jauh dan terpencil, guna mencari sobekan-sobekan dari jiwa Voldemort yang bernama Horcrux. Horcrux ini bisa berbentuk apa saja, entah itu buku (The Chamber of Secret), kalung (Order of Phoenix) cincin (Half Blood Prince) dan makhluk hidup, yakni si ular Nagini (Deathly Hallows). Untuk seri pertamanya Voldemort saat itu masih sangat lemah hingga ia menumpang hidup pada Professor Quirrel, yang mengajar Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam. Sementara seri ketiga, ia sama sekali absen.



GAMEPLAY
Karena Deathly Hallows merupakan seri terakhir, maka actionnya akan lebih sering dan lebih banyak akan kamu temui, tentunya masih menggunakan tongkat andalan. Sejauh ini, belum ada konfirmasi dari EA apakah PS Move akan kompatibel dengan Deathly Hallows. Mereka hanya mengkonfirmasi dukungan Kinect terhadap game ini. Bagi pemilik Xbox 360, bisa kebanyang keasyikan kamu berperan sebagai Harry Potter? Bahkan kamu lebih hebat dari Harry, karena kamu tidak perlu tongkat untuk mengeluarkan sihir, hanya perlu mengayunkan tangan. Musuh-musuh yang akan kamu temui di seri Harry Potter sebelumnya juga akan muncul di Deathly Hallows.

EA juga memberikan informasi mengenai mantra-mantra yang akan bisa kamu gunakan. Mereka adalah mantra Stupefy, Expelliarmus, Confringo, Confundo, Expulso, Impedimenta, Wingardium Leviosa, Protego, Expecto Patronum, Petrificus Totalus, Finite Incantatem (mantra untuk membebaskan kamu dari mantra pengikat Petrificus Totalus). Mantra-mantra ini akan berpengaruh pada kamu dan juga lingkungan tempatmu berada. Jadi misalnya kamu bisa menggunakan Wingardium Leviosa untuk membuat benda-benda disekitarmu melayang dan melemparkan ke arah musuh atau pemain lain (mode multiplayer). Atau mantra Confundo untuk membuat musuh bingung dan malah menyerang temannya sendiri.




Tidak semua mantra bisa menyembuhkan segala jenis kerusakan pada tubuh, maka untuk itulah ramuan diciptakan. Dan ramuan yang akan kamu temui masih sama dengan seri sebelumnya. Tapi tentu saja ada ramuan baru. Selengkapnya; Exploding Fluid, Elixir of Life (berguna untuk memulihkan tenaga), Peruvian Instant Darkness Powder, Garrotting Gas, Doxycide, Strengthening Soloution, Fire-Protection Potion, Murtlap Essence. Blood-Replenishing Potion, Felix Felicis dan Polyjuice Potion (untuk misi mata-mata, selain menggunakan Jubah Gaib).




GRAFIS
Untuk urusan ini, ada sedikit penurunan dibandingkan seri HP sebelumnya. Sayang sekali, hanya karena dirilis multiplatform seharusnya bukan alasan untuk membuat grafik asal-asalan. Lihat aja Harry Potternya yang tidak mirip dengan Daniel Radcliffe. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar