Total Tayangan Halaman

21 November 2010

SOCOM 4


Format: PS3
Developer: Zipper Interactive
Publisher: SCE
Release: Q1 2011
Genre: Third-person shooter, Real-time tactics
Rating: M


Cukup mengejutkan juga untuk bulan November dan Desember hingga tahun depan kita akan dimanjakan dengan game-game yang membutuhkan senapan mesin untuk bertahan hidup dan kesuksesan misi alias game dengan genre shooter. Salah satunya adalah SOCOM 4 US Navy Seals berikut ini yang akan kita bahas.



STORYLINE
Kamu dikirim ke sebuah lokasi rahasia di kawasan Asia Tenggara. Seorang komandan tidak resmi yang disebut dengan Ops Commander, pimpinan dari lima anggota pasukan khusus NATO yang berada di dekat Selat Malaka. Tujuan kamu dikirim ke wilayah itu adalah untuk menjinakkan sebuah organisasi yang tampaknya gerah ingin memerdekakan dirinya. Mereka menyebut diri dengan Naga. Ops Commander memberikan kamu waktu enam hari untuk memberantas kelompok pemberontak tersebut. Untuk mendukung kesuksesan misi, kamu akan ditemani dua orang dari Amerika, Schweitzer dan Wells, dua dari Korea Selatan, Chung dan Forty-Five. Cullen Gray adalah karakter yang akan kamu control yang merupakan komandan lapangan yang bertanggung jawab atas misi tersebut. Karena merupakan komandan lapangan, empat rekannya wajib mematuhi perintah apa pun darinya.



GAMEPLAY
Forty-Five akan banyak membantu meringankan tugas kamu dengan melaporkan situasi di medan lapangan, memberitahukan jika misi selesai dan lokasi para pemberontak. Kamu akan diberikan keterangan melalui radio, dengan kata lain Forty-Five bekerja dibelakang layar.

Dalam suatu misi tertentu, terkadang kamu harus melakukan aksi diam-diam menuju satu lokasi yang akan gagal jika sampai ketahuan musuh. Bagi kamu yang terbiasa main game-game stealth pasti akan merasa biasa. Jika musuhmu terlalu banyak dan merepotkan, jangan ragu memerintahkan helikopter untuk melakukan serangan udara. Ketika kamu bertindak sebagai Ops Commander, (info tambahan yang kita dapatkan sejauh ini) kamu akan bisa mengakses satu menu yang disebut dengan Command Mode, dimana kamu bisa melihat tempat yang strategi bagi anak buah kamu. Selain itu, dalam Command Mode, kamu bisa memperlambat adegan dan layar akan menjadi sedikit gelap atau kelabu sehingga kamu mempunyai waktu untuk memutuskan pilihan-pilihan tertentu tergantung dari situasi yang sedang terjadi.

Dari demo yang kita dapatkan, tampaknya senjata yang digunakan sedikit diluar akal, meski kita tahu ini cuma game, namun rasanya agak berlebihan ketika senjata tangan bisa menghancurkan sebuah tank baja. Dan menghancurkan kendaraan musuh merupakan bagian dari misi juga ternyata. Pastikan kamu tidak menyepelekan senjata-senjata aneh dan langka yang kebetulan kamu temukan nantinya.




SOCOM 4 pastinya akan mendukung PS Move. Tapi sayangnya, dari trailer yang kita dapat mengenai hal ini, rasanya tidak terlalu mengesankan dan terkesan aneh. PS Move masih belum cocok digunakan untuk genre yang penuh adegan tembak-menembak.   

GRAFIS
Grafisnya bagus dengan lingkungan yang menampilkan suasana akibat perang dan sedang berlangsung yang detail banget, bangunan-bangunan yang hancur dan yang cukup keren dari trailer yang diperlihatkan adalah ketika dua rudal yang ditembakkan oleh pasukan pemberontak menyebabkan menara menjadi hancur yang visualisasinya halus sekali. Hey kawan, ini game ekslusif PS3, jadi tidak perlu diragukan kualitas grafiknya.
 
Janji Zipper, sang pengembang bakalan menjadikan SOCOM 4 sebagai sebuah master piece tactical shooter untuk PS3. Well, kita tunggu saja sesumbar mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar